Beranda > Hackingnology, Web Developer > MD5 Decrypter

MD5 Decrypter

Ya, md5 tidaklah lagi aman. MD5 (Message-Digest algortihm 5) ialah alogaritma unik yang digunakan untuk enkripsi file ataupun password. MD5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada aplikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah file.

(Menurut wikipedia.com) MD5 di desain oleh Ronald Rivest pada tahun 1991 untuk menggantikan hash function sebelumnya, MD4. Pada tahun 1996, sebuah kecacatan ditemukan dalam desainnya, walau bukan kelemahan fatal, pengguna kriptografi mulai menganjurkan menggunakan algoritma lain, seperti SHA-1 (klaim terbaru menyatakan bahwa SHA-1 juga cacat). Pada tahun 2004, kecacatan-kecacatan yang lebih serius ditemukan menyebabkan penggunaan algoritma tersebut dalam tujuan untuk keamanan jadi makin dipertanyakan.

Nah, sekarang dalam md5 jugalah ditemukan kecatatan lagi. Bahkan sudah banyak sekali tool-tool gratisan untuk decrypt md5 ini yang bertebaran di internet. Contohnya saja www.md5decrypter.com

Pada website diatas, kita bahkan disediakan tool untuk ENCRYPT atau DECRYPTnya.

Walaupun sudah begitu berbahaya, masih saja banyak website yang menggunakan Alogaritma MD5 ini untuk enkripsinya. Seperti halnya saja kemarin, ketika saya menggunakan teknik SQL Injection ke suatu web. Karna didalam DATABASE servernya (MySQL), masih menggunakan alogaritma md5, maka gampanglah hacker untuk masuk.

Oleh karna itu, janganlah menggunakan md5 lagi, it’s vulnerable..!!! titik..!!

  1. M. Taufik Yusuf
    16 Maret 2011 pukul 9:39 AM

    nais info mas, MD5 sudah direkomendasikan untuk ditinggalkan karena sudah banyak ditemukan kelemahan. Pernah ditemukan collision, padahal seharusnya ngak boleh ada collision. Seinget saya dulu Rainbow project juga pernah buat MD5 Cracker. Kalo MD5decrypter ini mungkin gabungan antara brute force dengan dictionary ya. nais…

  2. M. Taufik Yusuf
    16 Maret 2011 pukul 9:41 AM

    Buat yang masih setia pake MD5 mungkin ada solusinya dengan nambahin salt di passwordnya..

  3. 16 Maret 2011 pukul 9:29 PM

    hemm.. pndapat saudara bleh juga…
    nmun jika kita pelajari lebih lanjut, teknik BRUTE FORCING dan DICTIONARY ATTACK mmbutuhkan waktu yg relatif lama, bahkan bisa sampai berjam-jam lamanya…
    Sessuai dengan artikel saya, bahwa ALOGARITMA MD5 telah dipecahkan, shgga dgn wktu yg singkat bsa didecrypt, sesuai dgn md5decrypter.com

    untuk pnggulangany, sya stuju jg klau d tmbah sdikit bumbu,

    Thanks lho, atas ilmunya

  4. anam
    28 Juni 2011 pukul 11:57 AM

    ane mo tanya, bukti algoritma md5 udah dipecahkan apa ya yang bukan metode pencocokan?biar ane sekalian belajar kryptografi? bagi link nya dunk?, soalnya kalo cuma sample website kayak diatas ane masih kurang yakin. menurut ane website itu bukan decrypt md5, setau ane itu cuma pencocokan kata yang pernah di input sama user. n anak SMK TKJ pun ga sampai dua jam mungkin bisa buat sistem kek gitu.

    kalo ane pake multiple enkripsi md5 apa bisa di decrypt juga? tapi pake single md5 pun ane masih ga yakin bisa mendecypt nya…

    salam kenal, jagad

  5. 22 Agustus 2011 pukul 12:15 AM

    Bagus sekali! Aku enggak paham MD5-an. Dirimu gabung di komunitas sumber terbuka apa saja?

    • 23 Agustus 2011 pukul 8:46 PM

      Emm… Md5 itu cuma metode dalam melakukan enkripsi sob, mudah kog,
      Komunitas “under ground” maksudnya De??
      Selama ini gak ada kog, cuma sendiri De, gimana kalau kita berdua buat komunitas sendiri?

  6. kcx
    16 Maret 2013 pukul 2:25 AM

    apa benar itu judulnya “MD5 Decrypter”?? Algoritmatnya bisa di decrypt? saya nggak yakin.. bisa kasih penjelasan bang?

  7. 21 Oktober 2013 pukul 7:14 PM

    MD5 saat ini menurut saya masih aman, saya coba link MD5 Decrypter tidak bisa

    A decryption for this hash wasn’t found in our database hasilnya seperti itu

    berarti itu bukan decrypt melainkan pake pencocokan

    • 19 Februari 2014 pukul 4:39 PM

      Yup, itu gan yang bener. Maklum waktu itu ane masih newbie. Thanks infonya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

